Erma Safira Nastiti: JERRY YANG, PENDIRI YAHOO

JERRY YANG, PENDIRI YAHOO


Yahoo! Adalah sebuah portal web popular yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Nic.. yahoo! Pada awalnya hanyalah semacam bookmark, ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika professor mereka pergi ke luar kota karena cuit besar.
Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.
Kemudian mereka berfikir, mengapa tidak memasukkannya di web? Mereka kemudian bekerja membuat  database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online.
Koleksi bookmark tersebut, sekarang dikenal sebagai Yahoo!, menerima sejumlah 80 pengunjung setiap bulan (sensus tahun 2000).
Jika bicara kepopuleran dan kesuksesan situs Yahoo!, tentunya tak bisa lepas dari tangan seorang pria berkebangsaan Taiwan bernama Jerry Yang. Dialah salah seorang pemdiri sekaligus pemimpin dari Yahoo!.
Jerry Yang dilahirkan pada tahun 1968 di Taipei, Taiwan, dengan nama Ynag Chin Yuan. Pada umur 10 tahun ia hanyalah seorang imigran dari Taiwan. Bersama ibu dan adiknya, mereka hijrah dan menetap di San Jose, California, Amerika Serikat. Ayahnya sudah meninggal sejak ia berumur 2 tahun.saat dia pertama masuk sekolah di San Jose, dia hanya memiliki satu kosakata bahasa inggris, shoe (sepatu).
Ketika menginjak dewasa, Jerry kuliah di Standford University pada tahun 1990, dan mendapatkan gelar sarjana muda dan master dalam waktu 4 tahun. Pada akhir tahun 1993, Jerry melanjutkan pendidikan program Ph.D. di Electrical Engineering Standford University. Di sana, Jerry berkenalan dengan teman sekampusnya David Filo. Lewat pertemanan bersama David, Jerry mulai menyukai kegiatan surfing di internet, hingga menghabiskan waktunya berjam-jam di depan computer. Akibatnya, aktivitas belajar mereka terbengkalai.
Pada saat melakukan kegiatan surfing, mereka sering kesulitan mencari sesuatu yang mereka butuhkan di dunia maya ini. Maka pada bulan Februari 1994, mereka mulai rajin mengumpulkan link-link dengan membuat indeks atas situs-situs web favoritnya. Kegiatan inin mereka lakukan di trailer di kampus Standford Unversity. Dalam waktu singkat, mereka telah lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuat link-link situs favorit dari pada membuat desertasi program doctor yang tengah mereka tempuh.
Akhirnya list berupa link dari situs yang mereka temukan yang mereka buat telah menjadi terlaku panjang dan terlalu banyak, sehinga mereka membaginya menjadi kategori-kategori. Saat kategori-kategori itu pun tidak memenuhi, dibuat  juga sub-sub kategori. Itulah awalmula lahirnya konsep dari pembuatan Yahoo!
Pada saat pertama kali dibuat, mereka member nama situsnya Jerry’s Guide to the World Wide Web,  tetapi nama tersebut terlalu pancang untuk nama sebuah situs. Kemudian setelah mencari nama yang dianggap bagus di dalam kategori yang mereka buat, mereka memutuskan untuk menggunakan mana Yahoo (Yet Another Hierarchical Oficious Oracle). Tujuan awal dari situs itu adalah sebsgai alat untuk mencari sesuatu di internet atau search engine.
Pada awalnya, mereka menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Namun ternyata mereka kemudian menyadari bahwa situs yang mereka susun dapat digunakan oleh orang lain sebagai titik pijak pertama menyusur situs web. Pengunjung situs ini pun makin banyak dan mendapat sambutan luar biasa oleh pengguna internet. Mengetahui banyak orang yang mengakses Yahoo, maka jadilah mereka membuatnya menjadi database yang teratur dan mengembangkan secara software mesin pencari untuk menjalankannya.
Karena belum ada modal, mereka memanfaatkan computer-komputer yang ada di Universotas untuk kegiatan ini. Data disimpan di computer Jerry yang mempunyai nickname “Akebono”. Sedang mesin pencari ditempatkan di komputer David yang ber-nickname “Konoshiki”. Kedua nickname tersebut diambil dari mana-nama pegulat terkenel di Hawaii pujaan mereka.
Pada musim gugur 1994, situs mereka mendapat rekor hit sebanyak 1 juta pengunjung per hari. Itulah yang membuat infrastruktur jaringan komputer di universitas terbebani traffic yang untuk menyewa server (hosting) di luar untuk menjalankan “bisnis” mereka itu, agar lebih leluasa lagi.
Kini, Yahoo telah menjadi perusahaan dunia yang bergerak di bidang momunikasi, komersial, dan media berbasis interner. Setiap bulannya ada 232 juta pengunjung pengguna internet di seluruh dunia yang menggunakan jasa pelayanan yahoo, mulai dari mesin pencari, portal, e-mail gratis, bisnis online, sampai pembuatan dan penyewaan tempat situs.
Jaringan yahoo yang berkontraktor pusatg di Sunnyvale, California, AS ini sudah berdiri di 25 lokasi terbesar di benua Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada, dan di AS. Hasilnya, keuntungan besar pun dihasilkan oleh Jerry Yang bersama Yahoo yang menjadikan seorang imigran Taiwan tersebut menjadi seorang miliarder.
Menurut Fortune.com, kekayaan Jerry Yang pada tahun 2000 sekitar 5,85 miliar dolar AS. Rumah tinggalnya dibeli seharga 1,9 juta doalh AS, terletak di Laos Altos, kawasan barat San Jose dengan 5 kamar tidur dan pemandangan kea rah Teluk San Fransisco.
Meski demikian, dia tak lupa dengan almamaternya. Bersama David Filo, ia menyumbang 2 juta dolar AS untuk almamaternya tersebut.
By    :        Erma Wahyu Safira Nastiti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Erma Safira Nastiti Urang-kurai